6 Tips Supaya Anda dan Anak Suka Membaca
6 Tips Supaya Anda dan Anak Suka Membaca

6 Tips Supaya Anda dan Anak Suka Membaca #Let’s Read

Diposting pada

TravelOffline – Apakah Anda pernah mendengar ungkapan “Buku adalah jendela dunia”? Yap, ungkapan tersebut benar banget lho.

Lewat buku, Anda jadi tahu segala hal yang sebelumnya Anda tidak tahu. Memang sih sekarang sudah ada yang namanya internet, namun keberadaan buku tetap tidak bisa tergantikan.

Sayangnya nih, kebanyakan dari Anda pasti tidak suka membaca kan?

Hmm, sayang sekali, padahal lewat membaca Anda dapat mengajari anak mengenai sesuatu hal, misalnya saja menginformasikan kepada anak tentang ilmuan dunia.

Nah, biar Anda jadi berwawasan luas, mulai sekarang Anda harus suka membaca. Nih Penulis kasih tips biar Anda jadi gemar membaca. Simak ya.

1. Anda harus memiliki motivasi buat membaca

Biar Anda jadi gemar membaca, Anda harus memiliki motivasi. Misalnya nih, Anda bakal jadi lebih berwawasan luas dengan membaca. Karena jika memiliki motivasi untuk membaca niscaya akan terlaksana, apalagi jika memiliki motivasi yang kuat pasti yang namanya membaca buku sudah termasuk dalam aktivitas sehari-hari.

2. Mulailah membaca sesuatu yang Anda suka

Sebagian besar kesalahan orang-orang saat mulai membaca adalah membaca hal-hal yang tidak mereka sukai.

Nah, makanya penting banget untuk Anda untuk cari tahu jenis bacaan apa yang Anda suka. Kalo sudah ketemu, baru deh Anda mulai membaca sesuatu yang memang Anda sukai.

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa berat, malah nih Anda bakal merasa suka sekali.

Nanti lama kelamaan kalo Anda sudah suka baca, Anda tidak akan keberatan untuk baca jenis buku lainnya yang bukan kesukaanmu.

3. Berteman sama yang suka membaca

Ada yang bilang kalo Anda berteman sama orang pintar, maka Anda akan ikutan pintar. Nah, hal ini berlaku juga untuk membaca.

Anda bisa berteman dengan orang-orang yang memang suka membaca. Atau Anda bisa juga ikutan komunitas buku yang ada di daerahmu.

4. Sisihkan waktu khusus untuk membaca

Kebanyakan orang malas membaca karena waktunya yang tidak tepat.

Nah, biar Anda tidak malas membaca, coba deh Anda sisihkan waktu khusus untuk membaca.

Untuk suasana dan tempat Anda membaca jadi senyaman mungkin. Dengan begitu, segala informasi yang Anda baca akan lebih mudah terserap ke dalam otak.

5. Minta rekomendasi buku dari orang lain

Anda tidak tahu jenis bacaan apa yang Anda sukai? Kalo begitu, coba deh buat minta rekomendasi buku bacaan dari orang lain.

Biasanya, buku yang direkomendasikan itu memiliki nilai lebih yang bisa bikin Anda semangat buat membaca atau sebagai alternatifnya Anda bisa kunjungi website sastra bagi penyuka sastra.

6. Tumbuhkan rasa ingin tahumu

Dengan rasa ingin tahu yang besar, tentunya akan membuat semangat Anda dalam membaca bertambah. Misal nih Anda lagi ada di toko buku, dan Anda membaca sinopsis salah satu buku.

Terus coba deh Anda tanyakan “apa sih isi buku ini?”. Nah kalo Anda sudah penasaran dan ingin tahu gini, Anda pasti tergerak untuk mencari tahu dengan membacanya.

Semoga tips dari TravelOffline ini bisa bikin Anda jadi gemar membaca ya. Jangan berharap anak Anda suka membaca jika Anda orang tuanya tidak mengajarkan atau mencontohkan litarasi kepada anak. Bagaimana pun orang tua adalah seseorang yang awal dicontoh oleh Anak.

Tenang aja, membaca tidak akan membuang-buang waktu kok. Karena dari membaca Anda dapat mengembangkan pikiran dan yang pasti wawasan menjadi lebih luas.

Untuk menambah wawasan anda mengenai literasi coba gunakan aplikasi Let’s Read dijamin wawasan menjadi bertambah. Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui link berikut (https://bit.ly/downloadLR)

#LetsReadAsia #AyoMembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *